Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUMDes Minggirsari Terus Berbenah untuk Sejahterakan Warga

Sumber Foto: zonasosial.com

uripkuiurup.com - BUMDes Minggirsari Kanigoro Blitar adalah salah satu pelopor keberhasilan Desa dalam pengelolaannya. Desa ini memiliki potensi desa wisata anatara lain : Arca Mbah Bodo, Mbelik Minggirsari, Fun Rafting, produk minuman buah fermentasi, beras organik dan Brownis Susu.

Untuk program unggulan Desa wisata, digerakkan oleh para pemuda Desa. Dan kini bisnisnya berkembang dalam inovasi pertanian, wisata dan usaha kreatif.

BUMDes Minggirsari yang awalnya fokus pada desa wisata, sekarang melebarkan sayap ke ekonomi kreatif. Sudah banyak produk-produk yang dibutuhkan masyarakat, seperti pupuk dan beras organik. Mampu disediakan oleh BUMDes.

Eko Hariadi selaku Kades Minggirsari menyampaikan, bahwa perkembangan BUMDes di Desanya, tidak bisa terlepas dari sokongan ide kreatif para pemuda Desa.

“Pengembangan BUMDes digerakkan oleh para pemuda Minggirsari yang selalu punya ide-ide kreatif”, tutur Eko.

"Selain itu dalam manajemen BUMDes, berkat adanya kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk BRI dan UNTAG Surabaya terkait penganggaran dan risetnya" Imbuhnya.

Selasa lalu (29/11/22) lima duta digital Kabupaten Blitar, serta dua orang perwakilan dari Dinas PMD berkesempatan mendampingi Profesor Yoyon Suryono, selaku Tenaga Ahli Utama Bidang Ekonomi Desa dan Desa Digital untuk berkunjung ke BUMDes Minggirsari.

“Luar biasa, ekonomi bergerak oleh warga dan untuk warga”, ungkap Profesor Yoyon memuji kreatifitas warga Minggirsari yang bersemangat membangun Desa. Apalagi usai mendengar penjelasan Kades bahwa perputaran uang per tahunnya sudah mencapai milyaran. (halimatus/red)