Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peringati Haul Gus Dur Ke-13, Ratusan Aktivis Gelar Dialog Kebangsaan di PINUS

 

Haul Gus Dur Ke-13 di Pendopo Islam Nusantara (PINUS) Blitar

uripkuiurup.com- Ratusan aktivis dari berbagai komunitas di Blitar, bersama-sama peringati Haul KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ke-13, bertempat di Pendopo Islam Nusantara (PINUS) Jl. Mahbub Djunaidi Sekardangan Kanigoro Blitar. Sabtu, (07/01/2023).

Kegiatan ini mengusung tema "Gus Dur Untuk Indonesia yang Adil & Setara". Rangkaian acaranya dimulai dengan khotmul Qur'an, dibuka oleh KH. Arif Fuadi pukul 06.00 pagi, dan di tutup dengan tahlil serta do'a khotmil Qur'an, dipimpin oleh Al Hafidz KH. Ahmad Mudlofi pengasuh PP. Roudlotul Hanan.

Setelah itu, tepat pukul 20.17 Wib dilangsungkan acara seremoni, dimulai dengan pembukaan, kemudian sambutan ketua panitia oleh Sulis Sindu Wasoni, lalu sambutan Ketua Umum IKAPMII Blitar Raya oleh Heri Setiyono. Selanjutnya, dilangsungkan dialog kebangsaan dengan pemantik KH. Arif Fuadi, dan Masrukin bertugas sebagai moderator.

Sindu selaku ketua panitia, yang sekaligus koordinator Gusdurian Blitar menyampaikan kepada media, bahwa peringatan Haul Gus Dur ini, merupakan kegiatan yang rutin tiap tahun pihaknya peringati bersama aktivis lintas komunitas di Blitar.

"Rutin setiap tahun, alhamdulillah kali ini sangat banyak yang hadir. Ada teman - teman dari lintas agama, dari IKAPMII, Lakpesdam, PC PMII, Perkumpulan Kalifa, Lembaga Bale Desa, KPI, LPNU, LP2NU, Sahabat PINUS, dan lain sebagainya", ungkap Sindu.

"Saya ucapkan terimakasih, kepada semua pihak yang telah men support terlaksananya Haul Gus Dur ke-13 kali ini". Imbuhnya.

Dari pantauan media dilapangan, tampak sejumlah tokoh hadir dalam acara ini, diantaranya; Hj. Anggia Ermarini, KH. Arif Faizin, Kiai Farhan Ma'ruf, Gus Ahmad Tamim, Kiai Masduki, Kiai Syamsul Hadi, Gus Ali Syaefulloh, Gus Ahmad Khubby Ali Rohmad, Moh. Rifa'i dan lainnya.

Acara terlihat begitu gayeng, narasumber dan peserta sahut sahutan menyampaikan testimoni, dan pandangannya terhadap Gus Dur. Sesekali tawa peserta pecah, menggema di langit Pinus.

Suasana semakin sejuk, saat acara puncak tumpengan digelar. Diawali dengan simbolis potong tumpeng oleh ketua IKAPMII Blitar, yang diberikan kepada KH. Arif Fuadi, dan KH. Arif Faizin. Selanjutnya semua peserta, panitia, narasumber makan bareng puluhan nasi tumpeng.

Kegiatan ini, juga di siarkan live streming melalui media sosial IG @pcpmii_blitarraya, @gusdurian_blitar. Serta melalui fb Mata Mblitar.

Berikut foto dokumentasi kegiatannya: